Beranda | Artikel
Bahayanya Pemikiran Takfir / Mudah Mengkafirkan Kaum Muslimin - Khutbah Jumat (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)
Jumat, 15 Januari 2016

Khutbah Jumat oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

[sc:konten-alamat-masjid-al-barkah]

Ringkasan Khutbah Jumat: Bahayanya Pemikiran Takfir / Mudah Mengkafirkan Kaum Muslimin

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam merupakan orang yang sangat sayang kepada umatnya. Kasih sayang beliau direalisasikan dengan menjelaskan seluruh kebaikan dan menjelaskan seluruh keburukan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَا بَقِيَ شَيْءٌ يُقَرِّبُكُمْ إِلَى الْجَنَّةِ وَيُبَاعِدُكُمْ مِنَ النَّارِ إِلا وَقَدْ بُيِّنَ لَكُمْ

Tidak ada sedikit pun yang mendekatkan kalian ke surga dan menjauhkan kalian dari api neraka kecuali telah dijelaskan seluruhnya kepada kalian.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat sayang kepada umatnya, namun kasih sayang yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam inginkan terhadap umatnya adalah untuk kebaikan akhiratnya. Maka dari itu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam khawatir jika umat Islam berlomba-lomba mencari dunia.

Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَا الْفَقْرَ أَخْشَى عَلَيْكُمْ وَإِنَّمَا أَخْشَى عَلَيْكُمْ أَنْ تُفْتَحَ لَكُمُ الدُّنْيَا فَتَنَافَسُوهَا كَمَا تَنَافَسُوهَا وَتُهْلِكَكُمْ كَمَا أَهْلَكَتْهُمْ

“Bukan kefakiran yang aku khawatirkan atas kalian. Justru yang aku khawatirkan atas kalian adalah dibukakan kepada kalian pintu-pintu kesenangan dunia. Lalu kalian berlomba-lomba untuk meraih dunia, lalu dunia pun membinasakan kalian sebagaimana membinasakan orang-orang sebelum kalian.”

(Download juga: Yang Aku Khawatirkan Atas Umatku – Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga khawatir umat Islam itu mengikuti hawa nafsu, terjangkiti penyakit riya, pemikiran yang menyesatkan yaitu pemikiran takfir, yaitu pemikiran mudah mengkafirkan kaum muslimin.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya:

“Di antara perkara yang aku khawatirkan kepada kalian adalah seseorang yang telah Allah ajarkan Al-Quran sehingga ketika telah diperlihatakan keindahan Al-Quran, ia lemparkan Al-Quran di belakangnya. Lalu ia pun mendatangi tetangganya dengan pedangnya, dan ia menuduh tetangganya dengan kesyirikan. Lalu para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, siapakan yang berhak atas kesyirikan, yang menuduh atau yang dituduh?”. Lalu beliau menjawab, “Yang menuduh lebih berhak atas kesyirikan”.”

Di dalam hadits ini Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengabarkan bahwa akan ada orang-orang yang menghafal Al-Quran dan mengetahui Al-Quran, namun rupaya ia terkena penyakit pemikiran takfiri. Mudah mengkafirkan orang, sehingga dia mendatangi tetangganya dan menuduhnya dengan kekafiran.

Silakan simak penjelasan selengkapnya dari khutbah Jumat yang singkat namun bermanfaat ini dengan mendownloadnya sekarang juga. Semoga Bermanfaat.

Dengarkan dan Download Khutbah Jumat Masjid Al-Barkah: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Jangan lupa untuk ikut membagikan link download khutbah Jum’at ini, kepada saudara Muslimin kita baik itu melalui Facebook, Twitter, atau Google+ Anda. Semoga Allah membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/18254-bahayanya-pemikiran-takfir-mudah-mengkafirkan-kaum-muslimin-khutbah-jumat-ustadz-abu-yahya-badrusalam-lc/